Kamis, 16 Mei 2013

Tips Memilih Universitas



Bingung memilih universitas ketika YOUTH sudah lulus SMA? Kali ini kami akan membagikan tips memilih universitas terbaik, agar nanti tidak ada penyesalan di kemudian hari. Sebagai bahan referensi, berikut penulis sertakan daftar 10 Universitas Terbaik Indonesia dan 10 Universitas Terbaik Dunia.

10 Universitas Terbaik Indonesia
1. Universitas Gadjah Mada (Peringkat Dunia: 379; Peringkat ASEAN: 9)
2. Universitas Indonesia (Peringkat Dunia: 507; ASEAN: 15 )
3. Institut Teknologi Bandung (Peringkat Dunia: 568; ASEAN: 18)
4. Institut Teknologi Sepuluh November (Peringkat Dunia: 582; ASEAN: 19)


5. Universitas Pendidikan Indonesia (Peringkat Dunia: 630; ASEAN: 22)
6. Universitas Gunadarma (Peringkat Dunia: 740; ASEAN: 24)
7. Institut Pertanian Bogor (Peringkat Dunia: 764; ASEAN: 25)
8. Universitas Brawijaya (Peringkat Dunia: 837; ASEAN: 29)
9. Universitas Sebelas Maret (Peringkat Dunia: 883; ASEAN: 30)
10. Universitas Diponegoro (Peringkat Dunia: 948; ASEAN: 32)

10 Universitas Terbaik Dunia
* Harvard University
* Massachusetts Institute of Technology
* Stanford University
* University of California Berkeley
* Cornell University
* University of Minnesota
* University of Pennsylvania
* University of Wisconsin Madison
* University of Illinois Urbana Champaign
* Michigan State University

Peringkat universitas ini diambil dari hasil penilaian Webometrics (sebuah layanan pemringkatan yang terpercaya), yang meliputi kriteria-kriteria sebagai berikut:
* Presence (Bobot: 20%), yaitu volume konten global yang terindeks Google;
* Impact (50%), yaitu kualitas konten yang diukur dengan tautan eksternal dari pihak ketiga dengan data        visibility-nya menggunakan dua mesin pencari yaitu Majestic SEO dan Ahrefs;
* Openness (15%), yaitu jumlah rich file (pdf, doc, docs, dan ppt) yang terindeks di google scholar;
* Excellence (15%), yaitu karya akademik yang dipublikasikan di jurnal international yang tergolong high-      impact dengan sumber datanya diambil dari Scimago.

Jika diperhatikan, dalam kategori 10 perguruan terbaik di Indonesia, hanya Universitas Gunadarma (Peringkat Dunia: 740; ASEAN: 24) yang merupakan perguruan tinggi swasta yang masuk 10 besar. Selebih nya adalah universitas negeri yang cukup ternama.
Harvard University - Universitas Terbaik Dunia

10 Tips Memilih Universitas Terbaik
1. Mencari informasi akurat mengenai universitas yang akan dilamar; jangan terpaku pada slogan-slogan           yang diberikan oleh universitas yang hanya dijadikan sebagai ajang promosi untuk menarik minat para           calon mahasiswa, kamu harus lebih agresif untuk mencari informasi lebih detail mengenai kualitas                   universitas tersebut.
2. Ketahui akreditasi dan peringkat universitas; ini merupakan suatu point yang sangat penting dalam memilih     ke universitas mana kamu akan melanjutkan studi. Semakin baik akreditasi dan peringkat sebuah                   universitas akan sangat menentukan prospek lulusan yang berkualitas.
3. Gali informasi lebih banyak mengenai universitas; hal ini bisa kita lakukan dengan mendengarkan radio,           melihat televisi ataupun membaca artikel-artikel tentang universitas yang sedang kamu minati.
4. Minta referensi dari guru favorit kamu di sekolah; mungkin ini tidak terlalu menjamin apakah universitas         yang disarankan adalah yang terbaik atau bukan, tapi setidaknya beliau adalah orang yang telah                     berpengalaman dan pastinya menginginkan yang terbaik bagi siswanya apalagi jika kamu adalah siswa           terbaik di sekolah.
5. Minta referensi juga kepada kedua orang tua; biasanya kedua orang tua sangat menginginkan anaknya           memasuki universitas yang kualitasnya benar-benar terjamin, jadi tidak ada salahnya jika minta pendapat       kepada mereka.
6. Mencari informasi dari mahasiswa lulusan universitas terkait; ini merupakan langkah yang sangat positif           untuk dilakukan, karena mahasiswa lulusan dari sebuah universitas sangatlah menjadi patokan apakah           universitas tersebut cukup kompeten atau tidak.
7. Lakukan perbandingan dengan beberapa universitas lainnya; dengan membandingkan universitas yang satu    dengan universitas yang lainnya kamu akan bisa mempertimbangkan mana yang terbaik.
8. Pastikan jurusan yang kamu inginkan ada di universitas tersebut; ini bisa dijadikan point utama dalam             memilih universitas, karena sangat tidak mungkin jika kamu memasuki sebuah universitas ternama tetapi         jurusan yang sesuai dengan keahlianmu tidak ada.
9. Jangan terpaku pada sebuah universitas favorit; siapkan universitas cadangan untuk mengobati rasa               kecewa bila tidak lulus di universitas yang kamu idam-idamkan.
10. Meminta petunjuk kepada Tuhan Yesus atas segala usaha yang telah kita lakukan tidaklah cukup, ada         baiknya       juga jika kita minta petunjuk kepada Yang Maha Kuasa karena Dia-lah yang menentukan           segalanya.

Tidak ada komentar: